Jumat, 27 April 2018

Membuat Obejek titik 3 Menggunakan Aplikasi Dev C++

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Sekarang ana akan memberikan sebuah tutorial untuk membuat objek titik 3 menggunakan Dev C++
Nah, sesuai postingan saya sebelumnya saya sudah memberikan tutorial untuk menginstall dan setting aplikasi C++
ok sekarang saya ingatkan kembali
kita mulai dari nol ya gan

1. OpenGL adalah suatu library grafis standard yang digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. Selain OpenGL, library grafis yang banyak digunakan adalah DirectX. OpenGL bersifat Open-Source, multi-platform dan multi-language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD dan lain-lain.

Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk sistem operasi Windows, library ini terdiri dari 3 files yaitu:
   glut.h
      glut32.lib
      glut32.dll

File-file tersebut dapat didownload secara cuma-cuma pada alamat situs www.4shared.com atau http://sourceforce.net dengan keyword : glut. File tersebut biasanya telah terkompresi baik dalam ekstensi rar maupun zip.
2. setelah agan mengikuti langkah pertama di atas, maka selanjutnya agan bisa

-      Copykan file glut.h di dalam folder C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL



-      Copykan file glut32.lib di dalam folder C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Lib

-      Copykan file glut32.dll di dalam folder C:\WINDOWS\System32
 3. selanjutnya kita mulai eksekusi, agan bisa buka aplikasi Dev

 C++

Klik File > New > Project

 

 4. Pilih Console Application

 

5.  agan bisa menyimpan file ditempat yang di inginkan


 

6. klik kanan pada prjocet > pilih Project Options



7. pilih tab parameter


ketik pada box Linker dengan tulisan

-lopeng32

-freeglut

-lglu32

kemudian OK


8. kosongkan script

 


9. ketikkan script koding berikut



#include <GL/glut.h> 

        #include <GL/gl.h> 

        #include <windows.h>

        void userdraw () {

        glBegin (GL_POINTS); 


      glVertex2i (150,0); 

      glVertex2i (150,200); 

      glVertex2i (370,200);


        glEnd ();

        }

        void display (void) { 

             glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 

             userdraw (); 

                glutSwapBuffers (); 

        }

        int main (int argc, char **argv) { 


        glutInit (&argc,argv);



        glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB); 



        glutInitWindowSize (640,480); 


        glutCreateWindow ("Membuat Objek titik 3 by Ali Rahman


 Saputra"); 

        glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0); 

        gluOrtho2D (0.,640.,-240.,240.); 

        glutIdleFunc (display); 

        glutDisplayFunc (display);

        glutMainLoop (); 

        return 0;

        } 


10. Klik Complie and Run

maka hasilnya akan seperti ini


 


Sekian tutorial dari ana

semoga bisa membantu agan semuanya

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar