hi guys, kembali lagi ni saya akan memberikan tutorial pada dev C++ yaitu Membuat Gambar Bangun Dasar OPENGL
1.Kalian bisa buka aplikasi Dev C++ yang telah disetting sebelumnya
cara setting ada pada halaman saya sebelumnya
2. Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini
kalian bisa pilih Console Application
3.Kalian bisa pilih tempat file yang akan kalian simpan nantinya
4. Setelah selesai langkah di atas maka selanjutnya kalian bisa klik kanan pada project
pilih project options untuk ketik freeglut
5. Maka akan muncul seperti halaman dibawah ini
ketik pada tab paramaters
yaitu
-lopengl32
-lfreeglut
-lglu32
6. Masukkan Coding yang akan project dibuat
#include <GL/glut.h>
#include <windows.h>
void init (void) {
glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
glLineWidth (1.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
}
void Display (void) {
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin (GL_LINES);
glVertex2f (-5.5, 0.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (5.5, 0.0);
glEnd ();
glBegin (GL_LINES);
glVertex2f (0.0, -5.5);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (0.0, 5.5);
glEnd ();
glBegin (GL_LINE_LOOP);
glColor3f (-1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (1.0, 1.0);
glColor3f (-1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (4.0, 1.0); glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (1.0, 5.0); glEnd ();
glutSwapBuffers ();
}
int main (int argc, char** argv) {
glutInit (&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition (0, 0);
glutInitWindowSize (500, 500);
glutCreateWindow ("Modul 3 Ali Rahman Saputra");
init ();
glutDisplayFunc (Display); glutMainLoop ();
}
Setelah coding tersebut kalian telah masukkan kedalam Dev C++
maka langkah selanjutnya klik Execute, kemudian pilih compile & run
7. taraaa, maka hasilnya akan tampak seperti ini
Sekian tutorial yang saya buat semoga kalian bisa memahami dan bisa mempraktikannya secara langsung
terima kasih
Wassalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar