kali ini saya akan memberikan tutorial Membuat Tiga Gambar Segitiga
1. Buka aplikasi Dev C++
Klik File>New Project
2.Pilih Console Application
3. Pilih lokasi project yang akan anda simpan
4.Selanjutnya anda Klik kanan pada project anda kemudian pilih Project Option
5. maka akan muncul seperti halaman dibawah ini
anda di haruskan untuk memilih tab paramater
kemudian di ketik kata berikut
-lopengl32
-lfreeglut
-lglu32
6.Selanjutnya anda bisa memasukkan ataupun mengetik codig berikut kedalam aplikasi Dev C++
#include <GL/glut.h>
#include <windows.h>
void init (void) {
glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
glLineWidth (1.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
}
void Display (void) {
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin (GL_LINES);
glVertex2f (-5.5, 0.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (5.5, 0.0);
glEnd ();
glBegin (GL_LINES);
glVertex2f (0.0, -5.5);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (0.0, 5.5);
glEnd ();
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (1.0, 1.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (5.0, 1.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (3.0, 5.0);
glEnd ();
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (-1.0, 1.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (-5.0, 1.0);
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (-3.0, 5.0);
glEnd ();
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (2.0, -1.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (0.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (-2.0, -1.0);
glEnd ();
glutSwapBuffers ();
}
int main (int argc, char** argv) {
glutInit (&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition (0, 0);
glutInitWindowSize (500, 500);
glutCreateWindow ("Bangun 3
Segitiga");
init ();
glutDisplayFunc (Display);
glutMainLoop ();
return 0;
}
Kemudian Klik Execute> Compile & Run
7. Maka Hasilnya akan seperti ini
ok sekian tutorial dari saya
semoga berkah dan bermanfaat untuk orang lain
Wassalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar