Rabu, 27 Juni 2018

Membuat Dua Gambar Segitiga dan Dua Gambar Ketupat Menggunakan Aplikasi Dev C++

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Berikut Tutorial bagaimana cara membuat Dua Gambar Segitiga dan Dua Gambar Ketupat

1. Buka Aplikasi Dev C++ Yang telah di install
klik File>New> Project
2. Pilih Console Aplication
3. Pilih lokasi project yang akan anda simpan

4. Selanjutnya anda Klik kanan pada project anda kemudian pilih Project Option 
5. maka akan muncul seperti halaman dibawah ini
  pilih tab paramater
kemudian di ketik kata berikut
-lopengl32
-lfreeglut
-lglu32

ingat ya, tanda (-) juga di masukkan
6. ketikkan coding berikut ke dalam Aplikasi Dev C++ anda


#include <GL/glut.h>                                          
#include <windows.h>       
void init (void) {   
glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);       
glLineWidth (1.0);               
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);                                    
glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);   
}                                                              
void Display (void) {                            
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);   
glBegin (GL_LINES);            
glVertex2f (-5.5, 0.0);                         
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (5.5, 0.0);                          
glEnd ();                
glBegin (GL_LINES);                            
glVertex2f (0.0, -5.5);         
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);    
glVertex2f (0.0, 5.5);                          
glEnd ();                
                               
glBegin (GL_TRIANGLES);                                  
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);                    
glVertex2f (1.0, 1.0);                          
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);                    
glVertex2f (4.0, 1.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (1.0, 5.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);                    
glVertex2f (-2.0, -1.0);                       
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);                    
glVertex2f (-3.0, -3.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (-2.0, -5.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (-1.0, -3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);                    
glVertex2f (2.0, -1.0);                         
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);                
glVertex2f (1.0, -3.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (2.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (3.0, -3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_TRIANGLES);                                  
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);                    
glVertex2f (-1.0, 1.0);                         
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);                
glVertex2f (-4.0, 1.0);
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (-1.0, 5.0);
glEnd ();
glutSwapBuffers ();
}
int main (int argc, char** argv) {     
glutInit (&argc, argv);         
glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);   
glutInitWindowPosition (0, 0);
glutInitWindowSize (500, 500);
glutCreateWindow ("bangun dasar segitiga dan ketupat");       
init ();
glutDisplayFunc (Display);
glutMainLoop ();
return 0;
}


Setelah berhasil anda masukkan
kemudian pilih Execute> Compile & Run
 

8.Selanjutnya pilih lokasi save as yang akan anda simpan dari hasil project anda

9. Maka Hasil output yang keluar adalah seperti ini
sekian tutorial dari saya
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar