Hi Guys, tutorial kali ini bagaimana cara membuat dua gambar segitiga dan gambar segiempat pada Dev C++
Ok langsung saja ya,
1. buka aplikasi Dev C++ yang telah di install sebelumnya
klik File>New>New Project
2. Pilih Console Application
3.Pilih Lokasi Save as lokasi project anda
4.Setelah lokasi Save anda selesai maka langkah selanjutnya yaitu klik kanan pada project anda, kemduain pilih Project Option
5.akan muncul tab seperti dibawah ini, maka anda pilih tab Parameter
Kemudian ketik tulisan
-lopengl32
-lfreeglut
-lglu32
ketik sesuai dengan di atas Menggunakan tanda (-)
6. kemudian anda bisa ketik coding pada aplikasi Dev C++
seperti dibawah ini
#include <GL/glut.h>
#include <windows.h>
void init (void) {
glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
glLineWidth (1.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
}
void Display (void) {
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin (GL_LINES);
glVertex2f (-5.5, 0.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (5.5, 0.0);
glEnd ();
glBegin (GL_LINES);
glVertex2f (0.0, -5.5);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (0.0, 5.5);
glEnd ();
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (1.0, 1.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (4.0, 1.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (1.0, 5.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (-1.0, -1.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f
(-1.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (-4.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (-4.0, -1.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (1.0, -1.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (1.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (4.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (4.0, -1.0);
glEnd ();
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (-1.0, 1.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (-4.0, 1.0);
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (-1.0, 5.0);
glEnd ();
glutSwapBuffers ();
}
int main (int argc, char** argv) {
glutInit (&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition (0, 0);
glutInitWindowSize (500, 500);
glutCreateWindow ("Bangun 2 Segitiga dan 2
Segiempat");
init ();
glutDisplayFunc (Display);
glutMainLoop ();
return 0;
}
Setelah anda ketik coding di atas, maka langkah selanjutnya anda bisa
Klik Execute>Compile & Run
7.kemudian anda akan diminta menyimpan hasil project yang telah anda buat tadi
8. Maka Hasilnya akan Seperti ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar