Rabu, 27 Juni 2018

Membuat Empat Gambar Ketupat Menggunakan Apikasi Dev C++


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Berikut Tutorial bagaimana cara Membuat Empat Gambar Ketupat Menggunakan Apikasi Dev C++

1. Buka Aplikasi Dev C++ Yang telah di install
klik File>New> Project



2. Pilih Console Aplication


3. Pilih lokasi project yang akan anda simpan



4. Selanjutnya anda Klik kanan pada project anda kemudian pilih Project Option 


5. maka akan muncul seperti halaman dibawah ini
  pilih tab paramater
kemudian di ketik kata berikut
-lopengl32
-lfreeglut
-lglu32

ingat ya, tanda (-) juga di masukkan



6. ketikkan coding berikut ke dalam Aplikasi Dev C++ anda




#include <GL/glut.h>                                          
#include <windows.h>       

void init (void) {   
glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);       
glLineWidth (1.0);               
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);                                    
glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);   
}                                                              
void Display (void) {                            
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);   
glBegin (GL_LINES);            
glVertex2f (-5.5, 0.0);                         
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (5.5, 0.0);                          
glEnd ();                
glBegin (GL_LINES);                            
glVertex2f (0.0, -5.5);         
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);    
glVertex2f (0.0, 5.5);                          
glEnd ();                                
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);                    
glVertex2f (2.0, 1.0);                          
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);                    
glVertex2f (1.0, 3.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (2.0, 5.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (3.0, 3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);                    
glVertex2f (-2.0, -1.0);                       
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);                    
glVertex2f (-3.0, -3.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (-2.0, -5.0);
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (-1.0, -3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);                    
glVertex2f (2.0, -1.0);                         
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);                
glVertex2f (1.0, -3.0);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (2.0, -5.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (3.0, -3.0);
glEnd ();
glBegin (GL_POLYGON);                                    
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);                    
glVertex2f (-2.0, 5.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);                
glVertex2f (-3.0, 3.0);                         
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);                    
glVertex2f (-2.0, 1.0);
glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
glVertex2f (-1.0, 3.0);
glEnd ();
glutSwapBuffers ();
}
int main (int argc, char** argv) {     
glutInit (&argc, argv);         
glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);   
glutInitWindowPosition (0, 0);
glutInitWindowSize (700, 700);
glutCreateWindow ("bangun dasar 4 ketupat");          
init ();
glutDisplayFunc (Display);
glutMainLoop ();
return 0;
} 


Setelah berhasil anda masukkan
kemudian pilih Execute> Compile & Run
 



8.Selanjutnya pilih lokasi save as yang akan anda simpan dari hasil project anda



9. Maka Hasil outputnya adalah seperti ini


sekian tutorial dari saya
Semoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar